Tips Membeli Barang di Online Shop

Saya hanya ingin berbagi cerita mengenai pengalaman saya yang telah saya alami akibat penipuan yang dilakukan oleh salah satu online shop di facebook.

Berikut beberapa tips untuk membeli barang di online shop dan mengantisipasi penipuan melalui online shop :

Pembelian dengan cara COD
(+) Membeli barang di online shop dengan cara COD atau Cash On Delivery menurut saya sangat aman bagi rekan-rekan yang tidak yakin dengan reputasi dari online shop. Istilahnya ada barang ada uang,jadi disini kedua belah pihak sama sekali tidak ada yang merasa dirugikan.

(-) Untuk COD ini biasanya hanya dilakukan pada satu kota yang dapat terjangkau oleh penjual, karena pada umumnya barang yang dibeli langsung diantarkan ke tempat pembeli.



Pembelian dengan menggunakan RekBer (rekening Bersama)
(+) Rekening Bersama (RekBer) adalah perantara/pihak ketiga yang membantu keamanan dan kenyamanan transaksi online. Sebagai pembeli, Anda tidak perlu ragu untuk melakukan transaksi atau merasa was-was ketika barang yang Anda beli tidak kunjung datang. Sementara sebagai penjual, tidak perlu bersusah payah membangun reputasi dan juga terhindar dari kecurigaan-kecurigaan berlebihan dari pembeli sehingga barang dagangan tidak laku-laku.

(-) Pembeli memberikan fee atau biaya untuk jasa rekber tergantung dari nominal pembelian barang.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat disini : http://www.rekeningbersama.com/



Pembelian Online Shop dari Mulut ke Mulut
(+) Dengan membeli pada online shop berdasarkan rekomendasi teman atau kenalan biasanya kemungkinan kita untuk ditipu sangat kecil. Jadi pembelian dengan cara ini juga patut dicoba.

(-) Walaupun kemungkinan kita ditipu pada tipe mulut ke mulut ini bisa saja terjadi. Misalkan pada saat teman kita membeli pada online shop tersebut, online shop itu masih beroperasi dan arus pembelian masih berjalan lancar. Bisa saja pada saat kita membeli, online shop tersebut melakukan penipuan, jadi sebaiknya sebelum membeli, kita tanyakan secara detil alamat online shop tersebut kepada teman kita karena mungkin saja dia mengetahui identitas lengkapnya.



Cek Reputasi Online Shop Melalui Internet atau Komunitas Online Shop
(+) Sebelum membeli pada online shop yang sama sekali belum terekomendasi oleh rekan/ kenalan kita, sebaiknya Anda mencari reputasi dari online shop ini melalui internet atau komunitas online shop. Jika memang online shop tersebut recommended dan dapat terpercaya, tidak ada salahnya untuk kita mencoba untuk melakukan pembelian pada online shop tersebut. Namun, jika onlines shop tersebut terkenal dengan citra buruknya yang sering melakukan penipuan. Anda tau kan apa yang harus dilakukan?yup!mencoretnya dari list online shop yang patut kita beli.

(-) Kemungkinan untuk melakukan penipuan selalu saja ada walaupun kita telah rekomendasi dari online shop tersebut di internet, jadi bersiap siaga saja dalam membeli di online shop.



Ok.Cukup sekian informasi dan tips yang dapat saya sampaikan mengenai pembelian di online shop agar Anda lebih berhati-hati dalam membeli barang di online shop.

Semoga bermanfaat ke depannya dan tidak ada lagi korban-korban penipuan online shop seperti yang saya alami sebelumnya.



See you on my next post!! :D

1 komentar:



Anonim mengatakan...

terima kasih infonya.
saya sudah rugi besar dengan online shop.
lain kali saya akan hati2.
:)

Posting Komentar